Cari Blog Ini

Jumat, Februari 01, 2013

membuat animasi loading


   kali ini saya membahas tentang membuat animasi loading 
     langsung aja dah

1. Buka Software Macromedia Flash.
2. Buatlah Stage baru dengan cara klik File > New / Ctrl+N, untuk ukuran stagenya bisa kamu sesuaikan sesuai selera.
3. Aktifkan Oval Tool lalu tekan Shift+Drag, untuk membuat bulatan sempurna dan beri warna #fc4798.
4. Copy Bulatan tadi dengan cara klik kanan pada objek/bulatannya lalu klik kanan Paste in Place (agar objek yang dicopy tadi dipastekan ditempat semula), bingung yah penjelasannya? mohon dimaklum perut lagi kelaperan lagi puasa. hehehehe
5. Setelah bulatan tadi dicopy langsung ganti warnanya dengan warna apa saja, setelah itu klik sembarang pada stage. klik lagi bulatan yang baru dirubah warnanya lalu tekan Delete, maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
6. Buatlah 4 buah garis kotak dengan menggunakan Ractangle Tool dan beri warna seperti pada gambar dibawah.
7. Setelah itu tempatkan ke-4 garis kotak tadi seperti gambar dibawah ini.
8. Pilih salah satu kotak tadi maka kotak yang lainnya pun akan ikut terpilih, tekan Delete pada Keyboard, dan hasilnya akan seperti ini.
9. Pilih salah satu potongan bulat tadi, tekan F8 > pada pilihan Type pilih Movie clip dan untuk nama bisa kamu sesuaikan.
10. Buatlah layer baru, beri nama (contoh : Potongan 1) untuk penempatan potongan bulat tadi yang sudah diubah menjadi Movie clip dengan cara  klik kanan Copy > pilih layer baru > klik kanan Paste in Place.
11. Double klik pada potongan bulat yang sudah diubah menjadi Movie clip tadi maka akan muncul tampilan timeline baru yang masih kosong
klik kanan pada frame 16 lalu pilih Insert Keyframe.
12. Klik kanan pada Pertengahan frame 1-16 lalu pilih Create Motion Tween.
13. Klik frame 16 lalu klik pada potongan bulatnya, pada Property Inspector (F9) pilih Color : Alpha 0%, Lihat gambar dibawah.
14. Double klik sembarang pada stage, ulangi langkah ke 9-13 untuk potongan bulat yang lainnya secara berurut, lihat gambar dibawah
15. Setelah itu atur posisi setiap frame hingga seperti gambar dibawah (terlalu panjang untuk saya uraikan dengan kata-kata) hehehehe.
16. Buatlah layer baru, beri nama (contoh : coding) dan posisikan layer diurutan paling atas, lalu padaframe 17 dan frame 31/frame akhir klik kanan > Insert Keyframe
17. Masih dilayer coding, pada frame 17 buka Property Inspector  (F9) lalu pada frame label beri namaloop, fungsi loop tersebut untuk mengulang!
pada frame 31 buka Property Inspector  (F9) lalu pada Tab Actions masukkan script berikut :
                                                     gotoAndPlay("loop"); 

18. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
maka hasilnya akan seperti dibawah ini.





cara membuat animasi orang berjalan



Oke, kali ini saya akan berbagi ilmu yg saya dapatkan yaitu Cara membuat animasi menggunakan Macromedia Flash, kali ini saya akan membuat animasi Pac-man, langsung saja.1. Pertama buka Macromedia Flash.2. Untuk membuat badan, gunakan Oval Tool, buat lingkaran besar(jangan besar banget).

3. Beri warna pada lingkaran tersebut menggunakan Paint Bucket Tool.4. Untuk membuat mata, klik Oval Tool lagi, buat lingkaran kecil seperti gambar dibawah ini.5. Untuk membuat mulut, gunakan Oval Tool lalu gunakan warna putih agar menjadi seperti pada gambar.


6. Untuk membuat kaki, buat lingkaran, klik Selection Tool, select setengah lingkaran, tekan delete.7. Untuk sepatunya, buat kotak di bawah kaki.8. Select kaki dan sepatunya, tekan Ctrl+G untuk di grup.9. Select seluruh bagian pacmannya, tekan F8, beri nama Robot.10. Klik kanan pada pacman, klik Edit in Place.11. Buat layer baru, caranya klik Insert, Layer.12. Layer 1 ganti nama menjadi KAKI, Layer 2 menjadi KEPALA.13. Dilayer kaki, Cut kepala pacmannya, Paste in Place di layer KEPALA.14. Di Time Line, klik kanan di frame 2, Insert Keyframe di kedua Layer15. Klik Frame 2 Layer KAKI, klik kaki pacmannya, Copy lalu Paste, jadi kakinya ada 2, deketin biar bertemuan.16. Insert Keyframe lagi di Frame 3 dan 4 di kedua Layer.17. Di Frame 3 Layer KAKI, klik Free Transform Tool, arahkan cursor ke dekat titik sudut Kaki sampai ada gambar lingkaran, putar kakinya.18. Di Frame 4 Layer KAKI, klik Selection Tool, geser kaki yg kiri ke kiri, geser kaki yg kanan ke kanan.19. Klik di Frame 3 Layer KAKI, buat bayangan kaki menggunakan Oval Tool, Frame selanjutnya juga dibuat bayangan kakinya, sesuaikan bayangan dengan langkah kakinya.20. Select seluruh bagian pacman, tekan F8, beri nama Master Robot.Note: Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.21. Klik 2x di kertas putih untuk menyatukan frame-frame yg tadi dibuat.22. Geser pacman ke bagian paling kiri kertas.23. Klik kanan di Frame 1, klik Create Motion Tween.24. Di Frame 20, klik kanan, Insert Keyframe.25. Klik Frame 20, geser pacman ke bagian paling kanan kertas.Dibawah ini adalah hasil yg akan keluar jika anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar.
Sekian posting dari saya, semoga bermanfaat dan semoga sukses !

cara membuat animasi TOMBOL


  1. Pertama, buka Macromedia Flash 8 atau sejenisnya yang sobat punya
  2. lalu buatlah sebuah kotak ( bentuk sesuai selera saja ) dan di tengahnya terdapat tulisan pada satu Layer / Kanvas, seperti ini yang telah saya buat :
  3. Lalu block tulisan dan kotak merah lalu klik kanan > Convert to Symbol seperti gambar dibawah ini
  4. Lalu akan Muncul kotak dialog, nama symbol terserah sobat saja, pilih button lalu ok seperti gambar di bawah ini :
  5. Setelah itu klik 2 kali pada tombol yang sudah kita buat tadi, lalu timeline akan berubah menjadi, UP, OVER, DOWN, dan HIT
    Up artinya tampilan tombol sebelum di klik
    Over artinya tampilan tombol saat mouse diarahkan di tombol tersebut
    Down, artinya tampilan tombol saat di klik dan belum dilepaskan
  6. Lalu pada kotak di bawah tulisan OVER klik kanan dan Insert Keyframe
  7. Pada Over ubahalah warna tulisan maupun kotak lalu klik Scene 1 seperti ini :
  8. Selesai
Untuk mencoba apakah berhasil atau tidak maka tekan Ctrl + Enter
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat



                                          gampangkan

          

membuat animasi ombak


Tutorial kali ini adalah Tutorial Membuat ombak di flash, disini saya menggunakan Macromedia Flash 8…
  1. Buka program flash 8
    Ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels.
    Ganti warna bacground menjadi warna hitam
  2. Ganti warna fill color menjadi #336699
    dan warna stroke dijadikan none 
  3. Klik rectangle tool   untuk membuat airnya dengan mendragnya ke stage seperti gambar dibawah ini.
  4. Klik kanan di frame 15 lalu
     klik insert keyframe, Ubah gambar airnya dengan cara tarik ke atas menggunakan selection tool yang sebelah kiri 
    Gambarnya :
  5. Klik di frame 1  lalu pilih tween shape

    gambarnya

    Di frame 35 klik kanan insert keyframe, Ubah gambarnya seperti ini>>
  6. Klik Di frame 15 pilih tween shape
  7. Lalu copy frame 1
    caranya : klik kanan pada frame 1 dan pilih Copy Frames
    kemudian Pastekan di frame 60
  8. Klik Di frame 35 pilih tween shape
    Seperti gambar dibawah ini:
Selamat mencoba…(@_@) dan semoga berhasi

Cara Membuat Gambar Animasi Bola Memantul


Hallo teman-teman, selamat datang kembali di Tips Animasi 
Kali ini saya kembali akan membagikan sebuah tutorial sederhana yaitu membuat gambar animasi bola memantul dengan menggunakan Program Applikasi Macromedia Flash.
Kalau teman-teman kebetulan belum tau cara membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah.
1.    Buka applikasi Macromedia anda, kemudian klik Flash Document  pada halaman Created New.
Membuat Gambar Animasi Bola Memantul
2.    Setelah muncul halaman baru, selanjutnya tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda.
Membuat Gambar Animasi Bola Memantul
Selanjutnya klik ukuran Default media kemudian pada  halamanDocument properties ganti ukuran menjadi 200 x 200 px (terserah anda). Klik Ctrl+F3 untuk kembali ke media.
3.    Rename Layer 1 menjadi Alas, selanjutnya klik menu Rectangle Tool (R) kemudian buatlah gambar kotak persegi panjang pada media dengan menggerakkan mouse anda.
Membuat Gambar Animasi Bola Memantul
4.    Tambahkan 1 Layer lagi, kemudian ganti nama menjadi Bola.
Klik menu Oval Toll (O), kemudian buatlah sebuah gambar lingkaran dengan posisi seperti gambar dibawah.
Membuat Gambar Animasi Bola Memantul
5.    Selanjutnya klik dibawah angka Frame 20 Layer Bola, kemudian tekan tombol F6 pada keyboard anda. Lakukan hal yang sama pada Layer Alas.
Membuat Gambar Animasi Bola Menggelinding
6.    Selanjutnya klik dibawah angka Frame 10 pada Layer Bola, kemudianKlik Kanan dan pilih Created Motion Tween, dan kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol F6 pada keyboard anda.
Membuat Gambar Animasi Bola Menggelinding
7.    Selanjutnya geser gambar bola keatas dengan menekan tombolSHIFT+tanda panah keatas hingga posisi gambar bola seperti pada gambar dibawah.
Membuat Gambar Animasi Bola Memantul 7
Tekan tombol Ctrl+ENTER pada keyboard anda untuk melihat hasilnya.
Untuk menyimpan gambar tersebut, klik menu File–>Export–>Export Movie. Pilih type Flash Movie (SWF) atau Animasi.GIF.
Anda juga bisa menentukan arah maupun variasi pantulan bola dengan menambahkan beberapa KeyFrame.
Selamat mencoba.

cara membuat animasi jam dinding

1. Siapkan Gambar yang akan di beri jam Analog , seperti contoh saya menggunakan gambar bulat berikut :


2. Buka Program Macromedia flash 8 , kalo belum punya kamu bisa cari di google dan harus cari versi portablenya, setelah membuka program tersebut akan muncul jendela seperti di bawah :


3. Selanjutnya pilih Flash Document seperti gambar di atas , setelah itu tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard, nanti akan ada pilihan di bawah dan di situ kamu bisa atur ukuran background sesuai gambar yang di inginkan , misalnya saya akan reseize gambar width : 240 dan height : 240 .

4. lalu import  gambar yang di inginkan dengan meng klik File yang ada di bagian atas pojok sebelah kiri lalu >> Import >> Import To Stage , setelah itu cari gambar mana yang kamu mau, sesuai dengan resolusi gambar tersebut, kalo sudah ada klik OPEN.

5. Selanjutnya klik 1 kali pada keyboard angka T ( Text Tool ) dan buat angka 1 sampai 12 , seperti contoh:


6. Lalu susun satu per satu angka yang telah di buat , Susun seperti halnya jam analog ,
7. Sesudah selesai di susun, selanjutnya buat 3 garis, garis jam ,garis menit dan garis detik di background yang berwarna abu abu, seperti contoh :


8. Selanjutnya tekan tombol V ( Selection Tool ) pada keyboard, klik garis jam yang tadi di buat lalu tekan tombol F8 pada keyboard dan isi  Name denganJam_mc, Type berada di Movie Clip dan Registration berada di bawah , kalo da ngerti liat gambar di bawah :


9. Sesudah itu isi <instance name> yang ada di pojok kiri bawah sesuai dengan nama di atas yaitu Jam_mc , liat gambar di bawah


10. Selanjutnya untuk garis menit dan detik ulangi langkah dari point 8 - 9 , namun isi Name dan <instanc e name> dengan , Menit = Menit_mc , Detik =Detik_mc .

11. Sesudah itu tumpangkan garis Jam , Manit dan Detik , di bagian tengah gambar dengan urutan jam di paling bawah menit di tengah dan detik yang terakhir , maksudnya seperti ini :


12. klik Frame 1 yang ada di pojok kiri atas ,kalo ga tau liat gambar berikut yang di kotak warna merah dan klik di bawah angka 1  :


13 . Terakhir klik Block All yang ada di bawah lalu Copy Kodenya, lalu tekan tombol F9 pada program Macromedia Flash 8 dan paste kode yang di copy di kolom putih Action 
1. Siapkan Gambar yang akan di beri jam Analog , seperti contoh saya menggunakan gambar bulat berikut :


2. Buka Program Macromedia flash 8 , kalo belum punya kamu bisa cari di google dan harus cari versi portablenya, setelah membuka program tersebut akan muncul jendela seperti di bawah :


3. Selanjutnya pilih Flash Document seperti gambar di atas , setelah itu tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard, nanti akan ada pilihan di bawah dan di situ kamu bisa atur ukuran background sesuai gambar yang di inginkan , misalnya saya akan reseize gambar width : 240 dan height : 240 .

4. lalu import  gambar yang di inginkan dengan meng klik File yang ada di bagian atas pojok sebelah kiri lalu >> Import >> Import To Stage , setelah itu cari gambar mana yang kamu mau, sesuai dengan resolusi gambar tersebut, kalo sudah ada klik OPEN.

5. Selanjutnya klik 1 kali pada keyboard angka T ( Text Tool ) dan buat angka 1 sampai 12 , seperti contoh:


6. Lalu susun satu per satu angka yang telah di buat , Susun seperti halnya jam analog ,
7. Sesudah selesai di susun, selanjutnya buat 3 garis, garis jam ,garis menit dan garis detik di background yang berwarna abu abu, seperti contoh :


8. Selanjutnya tekan tombol V ( Selection Tool ) pada keyboard, klik garis jam yang tadi di buat lalu tekan tombol F8 pada keyboard dan isi  Name denganJam_mc, Type berada di Movie Clip dan Registration berada di bawah , kalo da ngerti liat gambar di bawah :


9. Sesudah itu isi <instance name> yang ada di pojok kiri bawah sesuai dengan nama di atas yaitu Jam_mc , liat gambar di bawah


10. Selanjutnya untuk garis menit dan detik ulangi langkah dari point 8 - 9 , namun isi Name dan <instanc e name> dengan , Menit = Menit_mc , Detik =Detik_mc .

11. Sesudah itu tumpangkan garis Jam , Manit dan Detik , di bagian tengah gambar dengan urutan jam di paling bawah menit di tengah dan detik yang terakhir , maksudnya seperti ini :


12. klik Frame 1 yang ada di pojok kiri atas ,kalo ga tau liat gambar berikut yang di kotak warna merah dan klik di bawah angka 1  :


13 . Terakhir klik Block All yang ada di bawah lalu Copy Kodenya, lalu tekan tombol F9 pada program Macromedia Flash 8 dan paste kode yang di copy di bawah ini



//perintah yang dijalankan ketika frame dimainkan
onEnterFrame = function () {
                //membuat variable waktu sebagai date object
                waktu = new Date();
                //membuat variable jam dengan nilai sama dengan jam pada komputer
                jam = waktu.getHours();
                //membuat variable menit dengan nilai sama dengan menit pada komputer
                menit = waktu.getMinutes();
                //membuat variable detik dengan nilai sama dengan detik pada komputer
                detik = waktu.getSeconds();
                //digunakan jika komputer menggunakan sistem 12 jam
                //jika nilai variable jam lebih dari 12 maka akan dikurangi 12
                if (jam>12) {
                                jam -= 12;
                }
                //movie clip jam_mc akan berotasi sesuai nilai variable jam dikali 30 yang ditambah nilai variable menit di bagi 2
                jam_mc._rotation = jam*30+(menit/2);
                //movie clip jam_mc akan berotasi sesuai nilai variable menit dikali 6
                menit_mc._rotation = menit*6;
                //movie clip detik_mc akan berotasi sesuai nilai variable detik dikali 6
                detik_mc._rotation = detik*6;
};

setelah itu tekan ctrl+enter    selesai



          selamat mencoba