Cari Blog Ini

Jumat, Februari 01, 2013

SISTEM-SISTEM KOMPUTER

         Sistem Komputer


Selama ini anda mungkin mengenal istilah Hardware (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak), sebenarnya dalam suatu sistem computer terdapat 3 jenis perangkat. Yaitu Hardware, Software, dan Brainware.


a. Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Hardware komputer secara fungsional dibedakan menjadi empat macam perangkat (device), yaitu :
- Perangkat masukan (input device)
Contoh : Keyboard, Mouse, Joystick, Scanner, Card reader, Barcode, dll
- Perangkat Proses (process device)
Contoh : Processor, Motherboard, dll.
- Perangkat keluaran (output device), dan
Contoh : Printer, Speaker, Monitor, Platter, Card reader, dll.
- Perangkat penyimpanan (memory/storage device)
Contoh : ROM, RAM, Harddisk, CD Drive, Flash Disk, dll.


b. Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
•Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org, Microsoft Word, Nero, Winamp, dll.

•Sistem operasi (operating system) misalnya Linux, Machintos, Windows, DOS.

• Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.

 • Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.

 • Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.

 • Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

 • Perangkat lunak gratis (freeware)

 • Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)

 • Perangkat lunak perusak (malware)

c. Brainware (Pemikir)
Brainware adalah tenaga manusia yang mengatur proses dan yang mengoperasikan komputer. Jabatan-jabatan yang umum dikalangan pemakai komputer antara lain :

◘ Operator
Bertugas memasukkan data, mengeluarkan hasil (mencetak). Seorang operator setidaknya harus menguasai pengetahuan dasar tentang sistem operasi yang sedang dipakai dan menguasai beberapa paket.

◘ Programmer
Bertugas membuat suatu program yang akan digunakan oleh suatu instansi/perusahaan. Selain membuat program, seorang programmer juga harus mampu meng-upgrade program untuk melakukan penyesuaian dan minimal menguasai dengan baik suatu bahasa pemrograman. Selain itu pemahaman terhadap suatu masalah dan kemampuan mengimplementasikan dalam bentuk program juga sangat diperlukan.

◘ System Analyst
Bertugas mengidentifikasikan masalah, merencanakan dan menyusun system komputerisasi yang sesuai dengan masalah dalam bentuk diagram, denah, garis besar proses, bentuk masukan dan keluaran. Seorang system analis tidak perlu membuat program tetapi harus memiliki pengetahuan yang baik terhadap bahasa pemrograman,
paket-paket program, manajemen, dll yang terkait dengan masalah yang akan dikomputerisasi.

◘ EDP
Bertugas mempersiapkan rencana jangka panjang / pendek dari departemennya, menetapkan prosedur-prosedur yang harus dtempuh, dan menyampaikan anggaran untuk departemennya. Seorang EDP harus menguasai ilmu-ilmu komputer dan juga berbagai macam aplikasi yang pernah dibuat oleh departemenya.

  2. Sistem Operasi
Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.
Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Keluarga Microsoft Windows
Yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).

2. Keluarga Unix
Yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3. Mac OS
Adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Jenis Sistem operasi dibagi menjadi 2 :

1. Sistem Operasi berbasis GUI
Interaksi dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh sistem operasi berbasis GUI adalah Windows, Machintos, Linux.

2. Sistem Operasi berbasis Text
Interaksi dilakukan oleh user dengan cara mengetikkan perintah-perintah berupa teks pada sistem operasi.

3. Spesifikasi Minimal Untuk Menginstal Sistem Operasi
Spesifikasi Windows 98 : - Prosesor 66 MHz - RAM 16 MB - VGA 2 MB - 225 MB Free Harddisk
Space

Spesifikasi Windows XP : - Prosesor 233 MHz - RAM 64 MB - VGA 2 MB - 3 GB Free Harddisk Space


Spesifikasi Windows Vista : - Prosesor 800 MHz - RAM 512 MB - VGA 64 MB - 15 GB Free Harddisk
Space Jika ingin menggunakan tampilan Aero, maka: - Prosesor 1GHz - RAM 1 GB - VGA 128 MB dengan DirectX 9.0 Support

Spesifikasi Windows 7 : - Prosesor 1GHz - RAM 1 GB - VGA 128 MB dengan DirectX 9.0 Support - 16 GB Free Harddisk Space

Spesifikasi Ubuntu : - Prosesor 300 MHz - RAM 64 MB - VGA 2 MB - 4 GB Free Harddisk Space

Spesifikasi Windows MAC OS X Snow Leopard : - Mac Computer dengan prosesor Intel - RAM 1 GB - VGA 128 MB - 5 GB Free Harddisk Space

4. Media Penyimpanan
Kalau kita berbicara mengenai komputer maka tidak terlepas dengan media penyimpanan atau lebih dikenal dengan istilah 'storage'.
Perkembangan media penyimpanan atau storage seiring dengan perkembangan perangkat keras atau hardware lain seperti prosesor. Perkembangan prosesor khususnya kelas PC (personal computer) kalau kita lihat tingkatannya sebagai berikut - XT, 286, 386, 486, Pentium I, Pentium II, Pentium III dan Pentium IV. Kemudian untuk media penyimpanan kalau kita lihat ke tahun-tahun di belakang. Awalnya kita berbicara mengenai KB (kilobyte = 1024 byte) kemudian berkembang menjadi MB (Megabyte = 1024 KB). Namun, saat ini sudah menggunakan GB (Gigabyte = 1024 MB). Bahkan di bidang storage terutama backup, saat ini sudah mencapai Terabyte (TB = 1024 GB) dan sedang dikembangkan teknologi untuk mencapai tingkatan Petabyte (1024 TB).
Kita lihat urutannya di tabel berikut ini:
Byte = 8 bits
Kilobyte = 1,024 bytes
Megabyte = 1,048,576 bytes = 1,024 KB
Gigabyte = 1,024 MB
Terabyte = 1,024 GB
Petabyte = 1,024 TB
Exabyte = 1,024 PB
Zettabyte = 1,024 XB
Yottabyte = 1,024 ZB

Tipe storage yang umum digunakan adalah menggunakan media magnetik dengan 2 macam format yang berbeda yaitu 'fixed' / tetap dan 'removable' atau bisa dibawa / dipindah.

- 'fixed' media adalah teknologi media storage di mana 'head' untuk tulis / baca dan medianya (disk platter) dalam satu unit yang sama contohnya harddisk.

- removable media, adalah teknologi media storage di mana 'head' untuk tulis / baca terletak pada 'drive' dan cartridge (tape) untuk menyimpan data dan bisa dibawa/pindah contohnya yaitu tape drive dengan tape cartdrige. Media tape ini dapat dibawa atau disimpan di tempat yang terpisah dari drivenya. Ada keuntungan dengan media yang bisa dipindahkan ini, antara lain adalah tape selain bisa dibawa-bawa dan bisa disimpan di lokasi lain, hal ini digunakan atau diimplementasikan dalam 'disaster recovery plan' atau rencana / prosedur terhadap bencana. Misalnya katakanlah gedung terbakar dan semua komputer dan informasi di dalam kantor tersebut habis terbakar. Dengan adanya tape media yang berisi data perusahaan yang sudah dibackup, meskipun tidak up-to-date atau bukan data terkini, namun setidaknya masih ada data perusahaan yang bisa digunakan atau data-data penting misalnya tagihan ke pelanggan, data penelitian dan data-data penting perusahaan lainnya.
Masing-masing tipe media storage mempunyai ciri khas tersendiri berikut harga, unjuk kerja, handal, kelebihan serta kelemahannya.
Kelebihan dan Kelemahan media penyimpanan :

a. Flashdisk
Kelebihan
Bentuk yang kecil hingga mudah dibawa, Harga relative murah.
Kelemahan
Karena bentuk yang kecil, hingga rawan hilang. Removable storage, hingga data rawan rusak.

b. Compact Disk
Kelebihan
Aman dari serangan virus, karena proses penulisan data pada disk membutuhkan sinar optik yang dikendalikan oleh software khusus.
Kelemahan
menyimpan file dalam bentuk copy cd adalah daya tahan replikasi cdnya yang tidak terlalu lama. Semakin sering di pakai maka permukaan cd vcd lama kelamaan akan semakin kasar dan penuh baret2 karena gesekan dengan head cd vcd rom.

c. Harddisk
Kelebihan
Kapasitas besar, Pembacaan data lebih cepat, Relative tahan lama, Storage yang cukup aman
Kelemahan
Harga relative mahal, Rawan terjadi bad sector, Bentuk fisik yang relative besar dan berat, Motor listrik yang memiliki batas usia tertentu, rata-rata 700.000 jam penggunaan, Mudah rusak jika terkena benturan fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar